Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) sebagai kepanjangan tangan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) memiliki tugas menyelenggarakan Setifikasi Profesi. Dalam operasionalnya banyak proses administrasi berupa dokumen Materi Uji Kompetensi (MUK) yang sangat banyak, sehingga membutuhkan waktu dalam menyiapkannya sebelum pelaksanaan Uji Kompetensi. Aplikasi LSP atau Sistem Informasi Lembaga Sertifikasi Profesi (SILSP) merupakan aplikasi berbasis web (online) yang membantu proses administratif dan manajemen di LSP baik yang akan mengajukan Lisensi maupun LSP yang telah memiliki lisensi dari BNSP. Pada pengembangan versi ini merupakan pembaruan (update) dari versi sebelumnya versi 1.0.6 dengan beberapa perbaikan bug dan penambahan fitur.

Fitur Manajemen Persuratan & Pencatatan Keuangan

Fitur Manajemen Persuratan dan Dokumen pada aplikasi ini akan memudahkan dalam pengarsipan dokumen (digital) LSP, sehingga nantinya ketika dibutuhkan saat menjalani proses Full Asesmen, Relisensi mudah untuk mengidentifikasi dokumen dan menunjukkan saat audit internal maupun ekternal. Pada versi ini terdapat pula fitur pencatatan keuangan harian (Kas Kecil) yang membantu admin LSP dalam mencatat pengeluaran dan pemasukan harian. Fitur ini akan dikembangkan hingga Neraca, Rugi Laba, pada versi pengembangan berikutnya.

Beberapa fitur aplikasi versi ini adalah sebagai berikut:

FORM-FORM dengan format sesuai Buku Kerja BNSP Tahun 2020 :
DAFTAR HADIR ASESI & BERITA ACARA
FR.APL.01 – PERMOHONAN SERTIFIKASI KOMPETENSI
FR.APL.02 – ASESMEN MANDIRI
PORTOFOLIO ASESI
FR.MAPA.01 – MERENCANAKAN AKTIVITAS DAN PROSES ASESMEN
FR.MAPA.02 – PETA MUK DARI HASIL PENDEKATAN ASESMEN DAN PERENCANAAN ASESMEN
FR.AK.01 – FORMULIR PERSETUJUAN ASESMEN
FR.AK.02 – FORMULIR REKAMAN ASESMEN KOMPETENSI
FR.AK.03 – UMPAN BALIK DAN CATATAN ASESMEN
FR.AK.04 – FORMULIR BANDING
FR.AK.05 – FORMULIR LAPORAN ASESMEN
FR.AK.06 – FORMULIR MENINJAU PROSES ASESMEN
FR.IA.01 – CEKLIS OBSERVASI AKTIVITAS DI TEMPAT KERJA ATAU TEMPAT KERJA SIMULASI
FR.IA.02 – TUGAS PRAKTIK DEMONSTRASI
FR.IA.03 – PERTANYAAN UNTUK MENDUKUNG OBSERVASI
FR.IA.05 – PERTANYAAN TERTULIS PILIHAN GANDA
FR.IA.06 – PERTANYAAN TERTULIS ESAI
FR.IA.06A – LEMBAR KUNCI JAWABAN PERTANYAAN TERTULIS ESSAI
FR.IA.06B – LEMBAR JAWABAN TERTULIS ESSAI
FR.IA.07 – PERTANYAAN LISAN
FR.IA.10 – KLARIFIKASI BUKTI PIHAK KETIGA
FR.IA.11 – CEKLIS MENINJAU INSTRUMEN ASESSMEN
FR.AK.05 – LAPORAN ASESMEN
FR.AK.06 – MENINJAU PROSES ASESMEN
FR.VA – MEMBERIKAN KONTRIBUSI DALAM VALIDASI ASESMEN (MKVA)
FR.IA.03 – PERTANYAAN UNTUK MENDUKUNG OBSERVASI
FR.IA.07 – PERTANYAAN LISAN


Fitur Laporan Keuangan Harian
Fitur Manajemen Persuratan

Notifikasi Email dan SMS (Opsional Hardware) untuk proses verifikasi dokumen asesi, penjadwalan asesi dan asesor, dan persuratan.
Early Warning System (EWS) masa berlaku Lisensi Asesor
Mobile & Desktop UI Support (tampilan responsif dengan perangkat smartphone, laptop, tablet, dan PC)

Fitur Manajemen Dokumen Mutu


Fitur Tandatangan Digital (dengan Signature Pad) untuk pengisian form Paperless System.

Aplikasi dilengkapi dengan signature pad untuk pengguna membubuhkan tandatangan dengan pen tablet, mouse, atau touch (tangan) pada layar sentuh. Fitur ini diperuntukkan untuk pengisian formulir secara langsung dengan aplikasi atau dengan kata lain tidak menggunakan kertas (paperless) bagi Anda LSP yang ingin menerapkan sistem paperless untuk menghemat penggunaan kertas. Dimana pada umumnya LSP selalu mencetak berlembar lembar bahkan puluhan lembar untuk satu asesi saja. Sehingga fitur ini diharapkan dapat membantu LSP dalam penghematan penggunaan kertas. Sistem paparless ini tetap menggunakan teknologi signature log pada database, sehingga proses tandatangan tetap mampu telusur siapa penandatangan, kapan, dan dari mana (alamat IP) dokumen tersebut ditandatangani. Sehingga sesuai dengan kaidah mampu telusur yang menjadi prinsip dasar proses uji kompetensi.

Demo Aplikasi dapat Anda lihat di laman ini: http://www.aplikasilsp.web.id/?page_id=232

Informasi dan pemesanan:
WhatsApp: 08999408999

Catatan perubahan (Change log):

  • Penambahan isian Riwayat Hidup/ Curriculum Vitae (CV) pada fitur unggah dokumen persyaratan pokok asesi di Dashboard Asesi (27/09/2021)
    Penambahan field cv pada tabel asesi database (27/09/2021)
    Penambahan fitur Ekspor Excel data asesi yang belum terjadwal pada dashboard Administrator (penambahan exportunchedule.php pada direktori /admin (27/09/2021)
  • Penambahan field wil_ujikom pada tabel asesi untuk klasterisasi preferensi wilayah uji kompetensi asesi, sehingga asesi dapat memilih untuk uji kompetensi di TUK wilayah tertentu (untuk LSP P3) (28/09/2021)
  • Perbaikan bug (security update) pada pendaftaran asesi, pendaftaran pengusul (28/09/2021)
  • Penambahan variabel Preferensi Wilayah Uji pada menu Calon Asesi (Baru) pada Dashboard Administrator (28/09/2021)
  • Penambahan keterangan Preferensi Wilayah Uji pada saat ploting/ pemilihan jadwal asesi (Persetujuan Pendaftaran Uji Kompetensi) pada Dashboard Administrator (28/09/2021)
  • Update laman Calon Asesi (Baru) menjadi 3 tab pada Dashboard Administrator, untuk memisahkan data Asesi belum Mendaftar Skema, Asesi Terjadwal, dan Asesi Belum terjadwal (30/09/2021)
  • Update persyaratan wajib Asesi hanya KTP, Ijazah, dan Foto di Dashboard Asesi (30/09/2021)
  • Perbaikan bug Hapus Pendaftaran Skema pada laman Calon Asesi (Baru) pada Dashboard Administrator (05/10/2021)
  • Perbaikan bug pada tambah pengguna/ user pada menu Manajemen >> Pengguna di dashboard Administrator (07/10/2021)
  • Penambahan tombol Unduh untuk mengunduh dokumen pada pratinjau (preview) dokumen persyaratan asesi di dashboard Administrator (07/10/2021)
  • Penambahan fitur manajemen modul untuk hak akses pengguna dan penambahan tabel modul dan tabel users_modul pada basis data (07/10/2021)
  • Penambahan fitur multi user pada dashboard Administrator, manajemen hak akses pengguna (12/10/2021)
    Update laman profil asesi pada persyaratan asesi, penambahan keterangan pada pilihan jenis dokumen asesi (12/10/2021)
  • Update fitur FORM MAPA-01 pada dashboard Admnistrator penambahan bukti tambahan dan penambahan field profil_kandidat pada tabel skema_mapa1a dan skema_mapa1b (21/10/2021)
  • Penambahan menu Dokumen Mutu (Fitur Manajemen Dokumen Mutu), tabel database mutudoc_doc, mutudoc_kategoridoc, dan mutudoc_jenisdoc (25/10/2021)
  • Penambahan fitur update jadwal asesmen pada Dashboard Administrator (26/10/2021)
  • Penambahan fitur Input Kode Jadwal BNSP pada jadwal uji kompetensi (jadwal asesmen) dashboard Administrator dan penambahan field kodejadwal_bnsp pada tabel jadwal_asesmen (30/10/2021)
  • Perubahan struktur kolom file output (.xlsx) laporan hasil asesmen sesuai template permohonan sertifikat BNSP (Template Asesi Pengajuan Blanko) Sertifikat BNSP versi 2020 (terbaru) dengan penambahan KODE JADWAL BNSP (30/10/2021)
  • Penambahan field id_skkni pada tabel unit_kompetensi, dan perubahan data SKKNI pada menu Unit Kompetensi (04/11/2021)
    Penambahan tandatangan digital (signature pad) pada dashboard asesi dan penambahan tabel logdigisign pada database (05/11/2021)
  • Perbaikan Bug generate PDF formulir uji (MUK) asesor yang terjadi pada server/hosting tertentu (12/11/2021)
  • Penambahan fitur cetak kwitansi pembayaran asesi di dashboard Administrator (12/11/2021)
  • Perbaikan bug pada laman Asesor input APL 02, perubahan if dengan switch function (21/11/2021)
  • Perbaikan bug pada laman admistrator pada fitur ubah jadwal asesi penambahan update id jadwal pada tabel asesi_apl02 (21/11/2021)
  • Perbaikan tampilan generate PDF form FR.IA.03 dan FR.IA.07 (25/11/2021)
  • Penambahan fitur Input Pertanyaan Tertulis Pilihan Ganda (FR.IA.05) pada Dashboard Administrator (28/11/2021)
  • Penambahan tabel skema_pertanyaantulispg pada database (28/11/2021)
  • Penambahan fitur Pertanyaan Tertulis Esai (FR.IA.06), Kunci Jawaban Pertanyaan Tertulis Esai (FR.IA.06A), Lembar Jawaban Pertanyaan Tertulis Esai (FR.IA.06B) pada Dashboard Asesor (29/11/2021)
  • Penambahan tabel skema_pertanyaanesai pada database (29/11/2021)
  • Perbaikan bug pada tambah asesor dan hapus asesor pada Jadwal Asesmen di Dashboard Administrator (30/11/2021)
  • Penambahan fitur Tes Tulis Pilihan Ganda (FR.IA.05) di Dashboard Asesi (Computer Based Test) (01/12/2021)
  • Penambahan trigger buka/tutup soal Tes Tulis Pilihan Ganda (FR.IA.05) pada Dashboard Asesor pada menu Jadwal Asesmen (01/12/2021)
  • Penambahan tabel asesi_aksessoal pada database (01/12/2021)
  • Penambahan field tujuan_sertifikasi, tujuan_lainnya, tgl_validasiadmin dan catatan_admin pada tabel asesi_asesmen untuk keperluan paperless FORM APL 01; serta penambahan tabel asesmen_ia05 untuk jawaban asesi pada soal FR IA 05 Pilihan Ganda (soal computer based) pada sistem paperless (10/12/2021)
  • Update content.php, hapusasesor.php, media.php, tambahasesor.php pada laman admin, dan update aksessoal.php, content.php, form-ak-05.php, form-ak-06.php, form-apl-01.php, form-fr-ak-02.php, form-fr-ia-01.php, from-fr-ia-11.php pada laman asesor dan penambahan gambar images/chekedonly.jpg (17/12/2021)
  • Perbaikan bug pada media.php, asesor/media.php, admin/media.php pada bagian javascript source yang menyebabkan signature pad tidak muncul pada protokol https (secure) (22/12/2021)
  • Perbakan bug pada riwayat tandatangan digital pada FORM APL 02 Dashboard Asesi content.php mengambil sorting Descending (27/12/2021)
Sistem Informasi Lembaga Sertifikasi Profesi (SILSP) Versi 1.0.7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.